Kamis, 21 Juni 2012

Job Fair JobsDB Juni 2012

Pengangguran! hahaha inilah dilema mahasiswa yang baru lulus. Sebenarnya si aku gak nganggur juga, ngajalanin bisnis oriflame dari depan laptop setiap harinya dan kadang ngajar les anak sekolah. Tapi memang si keliatannya (di mata keluarga dan para tetangga) aku ini pengangguran! Makanya aku harus cari kerja sampai dapet! (baca: sampai bosan, hehehe). Salah satunya ikut jobfair.



Kali ini aku mau berbagi cerita tentang pengalaman keduaku ikut job fair. Pengalaman pertama gak berlangsung baik. Job Fair yang diselenggarakan di Bekasi Square tanggal 12-14 Juni yang diselenggarakan oleh Disnaker Bekasi kemarin gak berlangsung baik buatku dan teman-temanku. Pasalnya, selain penuh sesak, perusahaan yang ikut pun sedikit, kebanyakan industri. Jadi praktis aku dan kebanyakan teman seperjuanganku cuma mampir aja di Solaria terdekat. Baru masuk beberapa menit sudah kehabisan napas dan gak tahan oleh bau keringat. Mabok! :) :) Pengalaman aku yang kedua ini hmm,. lumayan laaah.. Job Fair JobsDB dilaksanakan 2 hari, tanggal 20-21 Juni 2012. Kalau aku, ikut yang hari pertama. Berangkat dari rumah jam setengah 9, berkumpul di depan RS Pasar Rebo barengan sama 4 temanku yang lain. Sampai sana pas jam 11, ternyata sudah banyak yang antri di parkiran lantai 6. Sistem antriannya pun bertahap supaya gak terjadi penumpukan! menurutku lumayan tertib kok. Sistem Registrasinya pun canggih, para pelamar kerja tinggal bawa flashdisk yang berisi CV, untuk di input di komputer, dan setelah itu kita akan diberi tiket yang ada barcode nya. Jadi, ketika kita ingin melamar di stand stand yang membuka lowongan, tinggal menunjukkan barcode, langsung deh CV ada di database mereka. I love it! cuma takut ilang aja.. kertasnya secuil soalnya.. :p :p


  • Antrian pertama  : Parkiran lantai 6A

  • Antrian kedua     : Lantai berapa yah? pokoknya disuruh duduk isi kertas biodata (mungkin 6B atau 7)

  • Antrian ketiga     : Naik eskalator, ke lantai 8. Disini antri lagi, buat yang punya print-an dari internet dan potongan koran kompas kayak aku, antriannya beda, jadi agak cepat sedikit.
  • Antrian ke empat : Registrasi CV, ada puluhan komputer+operator yang menginput CV kemudian ngasi barcode
  • Langsung masuk deh ke area stands


Untuk HTM (Harga Tiket Masuk) pun terserah! alias suka-suka! mau bayar seribu pun gak papa dan gak ketauan, karena uang dimasukkan di kotak super besar pada antrian tahap 3 :)


Di antrian ke empat aku sempet diselak! sama mbak-mbak yang ngantri di depan aku, tapi pas giliran dia, dia langsung narik cowoknya yang lagi ngantri di antrian sebelah!Gak tau apa budaya ngantri! Kan cowoknya juga udah ngantri! sepasang manusia itu gak bilang A, gak bilang B, gak minta maaf, ngelirik pun ngak! kayak gak keliatan gitu! huaaa pingin banget ngomel, tapi sabar sabaaar...Orang sabar di sayang tuhan
(Aku inget banget tapi tuh ceweknya pakai dress batik motif warna kuning hitam, rambut panjang, pakai lipstik merah, tingginya hampir sama kayak aku - yaa kecuali dia kurus! kalo cowoknya gak begitu meratiin, yang jelas tinggi dan bawa  ransel, pas ketemu lagi di koridor stand huaaa jadi kesel lagi)

Aku disana ngelamar kerja di beberapa tempat, salah satunya Bank Mandiri, BII, Wijaya Karya, Bank Saudara, apalagi yaah?? lupaa, kadang ada juga yang maksa-maksa buat ngelamar, justru malah buat aku gak mau ikutan, hehehe..Untuk bidang Teknik Sipil sendiri yang buka stand sedikit, justru lebih banyak di online nya :) :)

Untuk para fresh graduate maupun yang berpengalaman mau nyari kerja! kita sependeritaan,, hehehehe kalo aku sii selain ikutan news jobsdb ikut juga jobstreet, karir.com, lowongancpnsbumn, ruzh, kompas karis, dll. cari info sebanyak-banyaknya deh.

Yaah make a wish deh mudah-mudahan ada yang nyangkut.. Amiiin..

Pulangnya langsung tepar,,


karena aku gak sempat ambil foto di situasi seperti itu, aku ambil foto-foto di atas dari link:
budaya menghormati pekerjaan orang lain, dengan mencantumkan link. :) :) makasii ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar