Kamis, 02 Agustus 2012

Frontliner Bank Mandiri (jilid II)

Huaaaa,, baruuuu bisa share lagi niih pembacaa, maap yaah maaap... ^_^ ... sebelum post ini aku udah share mengenai pengalamanku melamar kerja sebagai Frontliner Bank Mandiri yaah,, yang belum tau/ baca, boleh klik disini dulu sebelum baca: Frontliner Bank Mandiri

Sekarang aku mau lanjutin ceritaku melamar jadi Frontliner Bank Mandiri yaah,, seperti yang aku ceritain, aku sebenernya ngelamar jadi Back Office alias Supporting Staff Bank Mandiri, tapi di sms in buat ikut seleksi frontliner. Berhubung lagi nganggur, apa aja di habeeek..termasuk jadi Frontliner hahahahha

Setelah wawancara awal, tes psikotes, lanjut ke tahap seleksi Medical Check Up..
Ada 11 jenis tahap pemeriksaan. Aku dateng pagiii pagiii seperti yang disuruh sama mas2 yang nelepon pas maghrib kemarinnya.

Pertama disuruh isi biodata, riwayat penyakit dan berbagai pertanyaan seputar kesehatan lain, trus kertasnya dikumpul ke Front Office nya. Waktu itu barengan Medcheck dari Bank Mandiri seluruhnya ada 68 orang. Supaya gak lama, para peserta disebar, jadi urutan medcheck beda-beda tiap orangnya. Oh ya, sebelumnya disuruh puasa dulu, terakhir makan haru jam 10 malem, gak boleh makan apapun sebelum tes darah dan urine.

Pertama tama aku ke bagian spesialis mata: Tes Buta Warna dan Penglihatan. Yaaah,, jelas yaah kayaknya kenapa tes ini diperlukan, Frontliner Bank gak boleh buta warna, ntar sulit bedain uang lagi,, trus tes penglihatan ituu, baca hurup-hurup gituu,, namanya apa yaa?? yang kayak tes mata kalo kita mau pake kacamata itu loooh.. (please yang tau namanya, komen! :D ) waah dokternyaaa guanteeeng,, hahahaha grogi gtu deh--- Sudah 2 tahap yaah..

Setelah itu aku ke poli telinga, berhubung dokternya blm ada, jadi tes pendengaran dulu. Agak scary nih,, masalahnya disuruh masuk ke bilik (mirip bilik pengakuan dosa, bedanya ini gelap gulitaa!!!) disuruh pake headphone dan tangan mencet bel (mirip bel rumah sakit buat manggil suster), ruangan ditutup rapet sampe gak bisa liat apapun walaupun itu tangan sendiri. Di headphone diperdengarkan suara, dimulai dari telinga kanan. Kalau dengar suara, pencet bel. Suara apaa? cuma bunyi ting pelaaaan bangeett deh,, kencengan bunyi orang makan! tong nung neng dung dan bunyi lainnya dengan frekuensi beda beda yang jelas sama sama pelan. Gantian kuping kiri juga bunyi yang sama. Frustasi dengerinnya, sampe ngebatin gak bakal lulus nih.. ---- Sudah 3 tahap niih..

Selesai itu, aku USG kemungkinan dilihat hamil/gak kali yaah, atau ada penyakit dalam lain?? soalnya yang laki-laki juga di USG.. pagi-pagi dokternya perempuan, yang kedapetan siang, dokternya lelaki :D sampai saat ini sudah ada 4 tahap

Trus aku naik ke atas, mau tes urine dan darah.. ngantriii nya cukup lamaa disinii,, sebenernya urutan selanjutnya terserah aku mau tes yang agak lowong/sedikit dimana, cuma terlanjur naro map di bagian lab siih.. ---- sudah 5 tahap.

Selanjutnya yaitu tes rekam jantung, hmmm agak malu disini karena disuruh buka baju buat naro alat rekam jantungnya, untung perempuan!! --- sudah 6 tahap

Selanjutnya adalah ke bagian dokter umum.. disini kita ditanya pernah sakit apa, keluarga sakit apa, diukur tensi, diraba-raba ada benjolan gak, di stetoskop, dipukul-pukul pingganngya.. gtu deeh,, gak sakit siih :D -- 7 tahap sudah,

Selanjutnya aku ke lantai satu lagi, antri buat rontgen alias photo thorax, sebelumnya aku beli makan dulu,cuma beli roti sama tahu siih,lumayan buat ganjel soalnya ampuuun lapeernyaa,,, kali ini bener2 ganti baju, khusus perempuan lepas bra juga! pake baju ala rumah sakit,, agak gimaanaa gitu rasanyaa,,-- sampai saat ini sudah 8 tahap pemeriksaan

Setelan rontgen aku tes pernapasan dan ukur tinggi dan berat badan,, tes pernapasan itu kita disuruh napas (yaiyalaaaah yaaaa!!!) mulutnya dikasi pipa, yang disambung ke selang yang ada alat ukurnya,, gtu deh kira2,, napas biasa 3 kali, napas dihentak sekali,, ---- ini merupakan tahap ke 9 dan 10

Tahap terakhir dan yang paling lama ngantrinyaa adalah ke dokter THT!! dokternya ke rumah sakit dulu, jadi antriannya gak nahaaan,,, :( :( sampe ngantuk nungguinnya, di dokter THT di suruh buka mulut, dilihat hidungnya, dan di raba lehernya.. -- sampailaah tahap akhirr , selesailah 11 tahap pemeriksaan!

Pulang dari situ langsung lari ke Solaria sebelah Sahid.. MAKAAAAAN!!!! abis itu pulang naik mikrolet 44!!

Gak lama sekitar 1-2 hari ada pengumuman, aku lolos ke tahap berikutnya, FINAL INTERVIEW..

Justru aku gak lolos tahap ini!! :( :( disini kita dihadapkan pada 2 interviewer. Oh ya! harus pake baju rapuh, rambut cepol dan make up. Ditanya kenapa masuk Bank Mandiri, kenapa mau jadi frontliner, harapannya apa.. jujur aku gak suka tahap basa basi begini, karena aku tahu, kebanyakan jawabannya klise..menyeramkan. Buat yang dari jurusan non ekonomi/perbankan seperti teknik,pertanian, perikanan dan sebagainya pasti ditanya : kenapa mau jadi FL? kan beda jauh sama pendidikannya. Sekali lagi klise jawabannya. Yang pasti dilubuk hati terdalam menjawab: Saya butuh kerjaan pak! hahahhaha

Agak kecewa sii ditahap ini, tapiii ternayataa temaaaanss.. perjuangan gak berhenti disini, gak beberapa lama ada beberapa panggilan interview, dan aku lolos jadi karyawan di salah satu tahapnya. hehehe.. rencana tuhan memang hebat :D :D

Bagi teman-teman pembaca, semoga bermanfaat! yang masih cari kerjaa?? semangaaat!!!

15 komentar:

  1. tahapnya banyak sekali... yg di tes pendengaran itu seperti tes kalau mau beli alat bantu dengar

    BalasHapus
  2. iyah banyaak.. :) baru tau kali beli alat bantu dengar kya gtu jg

    BalasHapus
  3. makasih infonya, bsk aku interview FL jg di mandiri bandung. interview ga pake bhs inggris?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngak kok, pakai bahasa indonesia,, tapi yaa tergantung pengujinya hehehe :)

      Hapus
  4. tadi magrib2 dapet sms juga dari mandiri. besok disuruh interview. awalnya agak aneh, kok pemberitahuan interview lewat sms, akhirnya cari2 di internet. ternyata banyak juga yang di kabarin lwat sms. dan ujung2nya di telp sama pihak mandiri utk kepastian dtng interviewnya.

    masih bingung mau datang atao nggak..karena aku kurang PD sama tinggi badan.. kira2 tinggi badan di utamakan ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku siih, untuk posisi FL penampilan sangat diutamakan,, apalagi untuk bank sekelas mandiri,, termasuk berat badan ideal,, tapi, gak ada salahnya dicoba, sebagai pengalaman :) :)

      Hapus
  5. mau tnya kalo stlh final interview itu apa d ksh tau lolos tdknya???mksh...coz tmnq beda2 infonyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm,, aku kurnang tau mbak krn blm sampai ke tahap itu, setau aku sih dari temen2 yang udah lolos, di telpon lagi utk tanda tangan kontrak gitu klo lolos,, :) :)

      Hapus
  6. kok tahapannya sekarang agak beda ya? gw abis interview yg di sms itu langsung interview tahap 2 sama deputi regional manager, abis itu seminggu kemudian dihubungi lagi untuk final interview sama head manager

    gak ada psikotestnya, apa medical check up nya kalo lolos final interview ya? gw kebetulan tes di kanwil 5 jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saja berbeda setiap tahapannya mas adry, karena waktu itu saya sharing ke temen2 yg pernah/temannya pernah ikut seleksi frontliner bank mandiri memang beda. Kalau menurut saya sih, psikotest dan medcheck kan butuh biaya, jadi mungkin skrg lebih di buat simple aja,,

      Hapus
    2. iya berarti tiap tahun beda ya tesnya, kebetulan taun ini paling beda, gak ada psikotestya soalnya, bener juga sih selain butuh biaya mungkin mereka butuh FL nya cepet kali ya, makasih banyak atas postingan blognya sangat membantu :D

      Hapus
  7. Hmm, makasi banget buat smw infonya, sy dpt lowongan ini mlh dr outsourching, masih tahap interview awal memang pakai bahasa Indonesia, tapi untuk tahap interview akhir apakah tetap pakai bahasa Indonesia / sudah pakai bahasa Inggris ? Soalnya tmn2 sy bilang klo B.Mandiri biasa pakai bahasa Inggris, tp kok di tahap awal sy pakai bahasa Indonesia ya ? pdhl udh persiapan mw jwb apa dlm bhs Inggris mlh ngga kepake..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi sdh mampir :)

      kalau FL si, setauku jarang bgt yg pake bahasa inggris, kecuali utk lowongan Management Trainee

      Hapus
  8. kemaren gw abis interview awal, trus hari kamis tanggal 2 disuruh psikotest di cikini, apaan aja yang dibawa ya? mbak2nya ngomongnya cepet sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, makasi ya sudah mampir..
      kalau gak salah inget sih ya, untuk psikotest frontliner bank mandiri di cikini disuruh bawa surat lamaran, CV, fotocopy ijazah dan transkip (di legalisir/ngak nya lupa.. bawa aja dua2nya), sama foto berwarna. jangan lupa alat tulis lengkap : pulpen, pensil 2B, penghapus. kalau papan gak usah karena di cikini meja test nya sudah bagus, kalo lebih nyaman bawa dan pakai papan, silahkan :)

      oh ya, sarapan dulu ya... :)

      Hapus