Jumat, 10 Mei 2013

Alasan Tidak Lulus Seleksi Frontliner di Bank

Bank Frontliner

Hai para freshgraduate dan pencari kerja,,, (padahal pas aku nulis ini masih terhitung freshgraduate loh, dan masi nyari2 kerja juga, walaupun sudah kerja 1 tahun kurang dikit) ^_^ 

Banyak yang bertanya kenapa sih susah banget masuk bank? terutama yang BUMN ? Jadi frontliner aja ribet,, apa sih yang buat kita gagal di seleksi penerimaan Frontliner? weitsss ini bukan pengalaman ya, tapi pengamatan aku mengamati teman-teman yang jadi FL dan pernah ikut seleksi frontliner di salah satu bank.. (ceritanya disini: seleksi frontliner)

Oke, kita lihat dulu dari penampakan luar nya, yang tertulis di pengumuman lowongan pekerjaan frontliner, rata-rata begini persyaratan jadi frontliner:

  1. Pendidikan minimum D3/S1 dari universitas terakreditasi
  2. IPK minimum 2.75
  3. Usia Maksimum 24 untuk FRESH GRADUATE
  4. Usia Maksimum 26 untuk yang berpengalaman (minimal 2 tahun sebagai Frontliner)
  5. Berpenampilan Menarik
  6. Mampu mengoperasikan komputer
  7. Belum Menikah
  8. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah operasional
Disimak ya, huruf yang ditebalkan (bold) harus jadi perhatian. 

No. 1 itu sesuai dengan level Bank nya kalau menurutku. No. 2 sudah jelas bahwa kandidat fronliner setidaknya harus bagus secara akademik. Ini merupakan filter pertama, Kalau kurang dari 2.75, kemungkinannya hampir tidak ada kamu lolos seleksi Frontliner di Bank. 

Poin 3 dan 4 adalah poin yang krusial tapi tidak diperhatikan. Fresh Graduate maksimal 24 tahun, kalau lebih artinya kamu lama lulusnya, atau kamu lama nganggurnya. Dan itu merupakan poin minus tersendiri. Kalaupun kamu dipanggil wawancara, kamu akan ditanya ngapain aja selama tenggang waktu kosong tersebut. Nah, bagi yang gak Fresh Graduate tapi mau ngelamar jadi FL, ya harus berpengalaman jadi FL, kalau pengalaman di luar itu, berarti kan sama aja dari awal lagi, harus dididik lagi, dan umurnya sudah melewati doong buat dididik lagi.

Nah! Poin nomor 5 ini yang paling gak diketahui batas/standartnya, karena, ini keputusan dari user nya. Bagi kamu yang tidak dianggap menarik : Tinggi kurang, Berat badan tidak proporsional, Penampilan acak kadul dan gak profesional, secara halus mereka akan menolak dengan berbagai alasan lain, atau pun tanpa diberitahu alasannya.

Poin no. 6 lewatin ya,, hari gini masih ada yang ga bisa mengoperasikan komputer? minimal Microsoft Office kok :)

Poin No. 7 PENTING! Belum Menikah dan Bersedia Tidak Menikah selama waktu tertentu sejak pengangkatan (beragam jangka waktunya).

Poin No. 8 itu penting, dan terdeteksi saat wawancara. Kalau kamu menolak saat ditanya mau gak kalau ditempatkan di Papua misalnya? yah artinya kamu cuma mau enaknya aja dan gak mau terima konsekuensi, maka kamu bukan kandidat prioritas dong... Atau ketika ditanya kamu menerima tapi gak meyakinkan atau kelihatan berbohong juga bisa loh,,, karena yang wawancara itu tau mana yang bohong/gak meyakinkan. 

Selain 8 poinn di atas, ada beberapa hal yang bisa membuat kamu tidak lulus seleksi frontliner:
  1. Kamu tidak sesuai dengan kriteria atau pencitraan bank. Dan itu relatif, artinya setiap bank punya standarnya sendiri. Jadi jangan menyerah kalau kamu ditolak di satu Bank, bisa jadi kamu cocok kriteria bank lain :)
  2. Kamu merupakan jiwa petualang dan dinamis. Oke, ini agak susah dijelasin. Tapi begini, FL itu kerjanya monoton, kaku dan statis. Artinya, kalau kamu dianggap mempunyai jiwa dinamis, suka tantangan, kamu dianggap tidak cocok di pekerjaan FL (terdeteksi loh pada saat wawancara). Itu resiko bagi mereka karena mungkin suatu saat kamu akan bosan terus resign, atau semangat menurun. Nah! repot kalo harus terus-terusan rekrutmen. Jadi tipe begini harus dikurangin/jangan sampai ada.
  3. Personality dan kemampuan berbicara tidak bagus. artinya kamu harus terlihat ramah, luwes berbicara, murah senyum, tidak aaa ii uu (terbata-bata dan susah menjelaskan sesuatu) , tapi juga gak bertele-tele ya,,, nah, walaupun cantik atau ganteng kayak apapun,, yang begini ini bukan pengecualian loh, tampang kece gak ngaruh!
Sudah tau kan sedikit banyaknya apa Alasan Tidak Lulus Seleksi Frontliner Bank? Sedikit banyak ini merupakan pengalaman dan pengamatanku. Karena banyak teman-teman disekitarku yang lolos jadi Frontliner bank, tapi banyak juga yang gak lolos. Kalau kamu merasa seluruh poin di atas memenuhi syarat, tapi kok belum diterima juga, mungkin kurang doa  dan sedekah nya. Ataupun bukan rejeki kamu jadi Frontliner, tapi ada rejeki lain yang lebih pantas buat kebaikan kamu selama ini dari Tuhan,, Jadi pemilik banknya mungkin?? Amiiin,,, :)

Oke, sekian penjabaran aku Apa Alasan Tidak Lulus Seleksi Frontliner. Sekali lagi, si penulis (aku) bukan FL. Tapi ini sekedar pengamatan saja, semoga membantu, dan mohon koreksi jika ada yang salah ya.. Semoga sukses! 


Salam Manis
^_^
Putri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar