Kamis, 28 Juni 2012

Frontliner Bank Mandiri



Baru new posting lagi nih, beberapa hari ini sibuk lamar sana sini.. maklum, pengagguran eeuy! hahaha.. sebenarnya sih gak nganggur-nganggur banget, aku kadang sibuk nyari materi materi blog-blog ku seperti di:
Sharing Kuliah Teknik Sipil dan GrammarBerjalan yaah aku senang aja berbagi ilmu yang aku tau, dan supaya gak lupa juga tentang apa yang aku sudah dapat selama sekolah :) :)

Nah aku mau berbagi cerita tentang panggilan interview Frontliner Bank Mandiri , ini merupakan kelanjutan (baca:dampak) aku ikut Job Fair JobsDB tanggal 20 Juni kemarin. Cepeet bangeet! tanggal 21 aku dapat sms central dari Bank Mandiri untuk interview di Bank Mandiri Cabang Cikini (Depan Taman Ismail Marzuki) tanggal 22 Juni 2012 jam 10 pagi. Sebenarnya sih, aku waktu itu melamar untuk Back Office alias Supporting Staff Bank Mandiri, tapi gak tau kenapa aku dapat sms untuk Frontliner Bank Mandiri. Gak ada salahnya dicoba kan?? Sms-in dea dulu, dia ternyata di sms juga (wah! ada temennya nih,, janjian ketemu disana!)

Akhirnya Hari H interview Frontliner Bank Mandiri, aku ke lokasi. Tempatnya? Persis di depan TIM dan Masjid/hotel Alia gitu. Aku dateng jam 9 pagi, ternyata kita disuruh naik ke lantai 2, tapi lewat pintu belakang. Sampai disana isi absen, lalu ngasih CV, surat lamaran, transkip nilai/ijazah, dan pas foto terbaru. Disana juga banyak yang sudah menunggu, dan keliatannya (memang) semua dipanggil untuk jadi Frontliner Bank Mandiri deh...

Kira-kira setiap sepuluh orang dipanggil ke dalam untuk ukur tinggi badan, setelah itu Interview. Lanjut 10 orang berikutnya (supaya ruang tunggu di dalam gak penuh). Peng-interview-nya hanya 1 orang, tapi ada beberapa kamar yang berbeda (kira-kira ada 5 kamar). Nah! yang beruntung dapet peng-interview yang gak banyak nanya, yang sial yaah diceceeer terus. Oh ya! interviewnya sekaligus dua orang.

Aku di interview sama bapak-bapak, barenganku cowok dari padang. Karena menurutku pertanyaannya gak ada yang njelimet, aku banyak lupa ditanya apa aja, tapi Kira-kira isi interviewnya begini:

(senyum)
Bapak yang Interview (BIv) : Silahkan duduk, anda yang bernama xx dan anda fadillah?
Aku : (senyum) iya pak (barengan sama cowok padang-CP)

BIv: kamu dari universitas mana? jurusan apa?
CP: dari andalas bla bla bla
BIv: kamu?
Aku: saya dari bla bla bl

BIv : punya keluarga inti di bank mandiri?
CP: tidak pak
BIv: Ibu dimana? Bapak?
CP : (ngejawab apa ya? lupa.. pokoknya gak ada deh)
BIv: kalau kamu (sambil liat aku)
Aku: (senyum) Ibu saya P**, bapak saya pegawai swasta

BIv : ooh.. oke.. lalu pernah bekerja sebelumnya
CP : pernah pak bla bla bla
BIv: Lalu kenapa keluar?
CP: karena bla bla bla (BIv dan CP melanjutkan interviewnya. aku menyimak)
BIv: kalau kamu? (sambil liat aku)
Aku: saya belum pernah bekerja pak

BIv: bisa komputer
CP: saya bisa microsoft word, powerpoint, excel pak
BIv: kalau kamu? (sambil liat aku)
Aku: Saya bisa internet dan Microsoft Office pak
BIv: Excel powerpoint bisa?
Aku: Bisa pak, Ms word,excel, pp (bingung, Ms. Office kan udah masuk excel and powerpoint)

BIv: menurut kamu apa tugas frontliner?
CP: saya sdh mepelajari pak, kalao frontliner itu bla bla bla (panjaaang deh jawabannya)
BIv: menurut kamu (sambil liat aku)?
Aku: Kalau saya sebenarnya daftar Back Office, tapi dapet sms utk FL, gak ada salahnya coba pak. jadi FL itu bl abla  (sebenarnya hanya mengulang dengan bahasa lain jawabannya CP, hahaha)

BIv: Olahraga kejuaran apa yang pernah kamu ikuti?
CP: Saya ikut futsal bla bla bla saya pernah ikut kejuaran di daerah saya bla bla bla
BIv: Kalau kamu?
Aku: (sambil senyum) kalau olahraga saya tidak pernah pak

BIv: kalau di bidang seni?
CP: Saya suka main gitar bla bla
BIv: kamu?
Aku: (senyum sambil mikir, pernah ikut apa ya?Oh ya!) Saya ikut paduan suara pak
BIv: bisa nyanyi?
Aku: insya allah gak jelek-jelek banget pak

BIv: (liat-liat transkrip, di bolal balik.. hening)
dst lupaaa

yaa kira kira bgtu deh teman-teman, ketauan kan betapa jujurnya daku??Intinya, SENYUM :)
bapak-bapak yang interview ku baik kok :) dan aku dan CP lolos untuk tes tahap II :) :) (diberitahukan hasil interviewnya hari itu juga)

Bagi yang lolos besoknya (Sabtu 23 Juni 2012) adalah tes tahap II. Tes psikotes untuk Frontliner Bank Mandiri pakai SHL, jadi bagi yang mau tau gimana soalnya, bisa liat situs SHL. Soalnya ada 3 jenis. yang pertama verbal, yang kedua hitungan, yang ketiga clerk, soalnya gak terlalu sulit, hanya dikejar waktu aja. Dari yang interview kemarin, kira-kira setengahnya yang lolos untuk psikotes (30 orang x 3 sesi = +- 90 orang)

Di akhir tes psikotes diberitahukan bahwa pengumuman dari SHL hari selasa, kira-kira prosesnya paling lama seminggu. Yaudah tuuh dari hari senin aku nyantai sambil nyari-nyari lowongan kerja lain di email. Eh tiba-tiba hari Selasa sore ada misscall di hp ku, aku lagi mandi. Trus telepon lagi jam 6 sore, ternyata aku disuruh medical check up besokannya Rabu 27 Juni 2012 jam 7 pagi! di belakang Hotel Sahid (belakangan aku tau namanya Klinik Sahid Sahirman) disuruh bawa KTP sama alat tulis dan puasa dari jam 10 malam.

Pagi-pagi jam 5 subuh aku berangkat karena ayah gak begitu kenal daerah situ. Akhirnya sampai jam 6.10, sempet masuk ke rumah sakit Sahid Sahirman-nya, eh salah, ternyata pemeriksaannya di deket lobby hotel, di kliniknya. Jadi, harus masuk area hotel gitu. 

Disana ada 11 jenis pemeriksaan! hmm,, nanti aku lanjutin yaah teman-teman, untuk yang ini aku butuh konsentrasi mengingat pemeriksaan apa aja.. hehehe. Mudah-mudahan resultnya cepat keluar biar gak deg degan. Doain aku yaa,, nanti aku posting jenis pemeriksaaannya sekalian aku kasi tau hasilnya :) :) hehehe muaaaah..

2 komentar:

  1. wah ini kelsnjutannya gimana
    penasaran
    email donk

    BalasHapus
  2. @yosua : sudah ada kok kelanjutan ceritanya di

    http://lumbalumbapetualang.blogspot.com/2012/08/frontliner-bank-mandiri-jilid-ii.html#.UKg9P-Rg-So

    semoga menginspirasi dan sukses :) :)

    BalasHapus