Selasa, 07 Agustus 2012

Modus Penipuan Anak di Kantor Polisi - Via Telepon


Kemarin siang saya lagi anteng-anteng ngeblogging dan facebookan, tiba-tiba ada sms masuk dari ibu:

"Mbak, Ibu hampir saja kena tipu, ada yang nelepon bilang Mas ada di Kantor Polisi kena narkoba, Ibu keceplosan sebut nama Mas, Hati-hati ya takutnya di apa-apain. Minta tebusan 125 juta, ibu bilang ga punya uang, ujung-ujungnya minta pulsa"

Hmmm,, penipuan nih!mirip sama kayak telepon yang mengabarkan kerabat di rumah sakit karena kecelakaan. 

Sebenarnya mungkin jenis penipuan ini sudah gak asing di telingaku, kebetulan beberapa bulan lalu seorang teman pernah menceritakan hal yang kurang lebih sama. Aku gak respon sms ibu itu, aku forward ke 2 adikku dan Ayah biar waspada. Cuma tetep aja aku penasaran gimana cerita lengkap Ibu. 

Sepulang Ibu Kerja, ibu menceritakan kronologis Modus Penipuan Anak di Kantor Polisi.

Ibu memang lagi sibuk, banyak nerima telepon masuk dari sana sini, setelah menerima telepon dari beberapa rekan kerja, masuklah sebuah telepon yang diangkat ibu.

Kata Ibu ada suara nangis manggil "Ibu,, Ibu,, tolongiiin.." terus di belakang ada suara Bapak2 ngebentak "Nangis Kau! Diam!" 

Lalu Bapak tersebut : "Halo, Ibu saya dari Polres Bandung, Ibu punya anak laki-laki?"
Ibu langsung "tek" gimanaa gitu karena memang adik saya sedang kuliah di Bandung "iya pak, anak saya kenapa pak?"

"Saya Iptu  bla bla bla,  Kita kroscek ya nama anak ibu?"
"Fa*****"
"tempat tinggal"
"Ja******"
"sedang apa dia di bandung?"
"kuliah"

(yaaa ibu keceplosan, baru sadar pas udah selesai telpon!)

"Begini ya bu, anak ibu ketangkap basah membawa narkoba jenis shabu di kantongnya, bersama Fa****** ada 4 orang temannya. Sekarang kami amankan di Polres Bandung."

(ibu langsung lemeesss) "Saya mau bicara pak sama anak saya"
"Nanti ibu, kami telepon mau bantu"
"anak saya baik pak,gak mungkin narkoba"
"iya, saya tau anak ibu gak terlibat, makanya kami mau bantu,ibu mau dibantu? sekarang ibu menjauh dari keramaian,"

"Ibu, supaya anak ibu gak diproses, transfer 125juta untuk kelima anak ini. Saya kasihh waktu satu jam" (jadi masing2 ortu 25 juta)

"saya ke Bandung deh pak, dua jam sampai"
"Jangan, kalo ibu kesini, atasan saya tau"
"saya mau bicara sama anak saya"
"nanti, ibu sanggup dulu gak bayar, nanti saya antar anak ibu kesana setelah transfer"
"orang tua yang lain saya minta nomor nya pak"
"iya nanti saya kasih, tapi ibu sanggup gak?waktunya hanya sejam sebelum diketahui atasan saya"
"saya koordinasi dulu sama suami saya pak"

(kebetulan saat itu ada teman2 ibu di ruangan yang menghubungi adik saya dan ternyata dia di kosan"

akhirnya pembicaraan berlanjutt (setelah ibu tau adik di kosan, ibu tenang)

"saya mana ada uang segitu":
"saya gak mau tau, ibu sudah dibantu masih aja berkelit"
"yasudah gini pak, saya transfer kemana?saya usahakan.."
"tapi ibu sanggup kan"

Panjaaang dehhh ceritanyaaa intinya, kalo kita gak sanggup, kita ditanya ada uang berapa? misal 2 juta, nah nanti ybs minta dikirimin 2 juta itu berbentuk pulsa ke berbagai nomor hanphone yang ngaku-ngakunya punya atasan, dia, staff, dll sebagai biaya koordinasi (baca:pulsa). Telepon pun gak boleh dimatiin sampai kita di depan mesin ATM untuk diarahkan transfer uang yang ada. 

Untungnya Ibu selamat dengan bantuan teman-temannya, namanya orang tua, panik anaknya diapa-apain.

Kenapa ibu sempat percaya, karena beberapa tahun lalu, anak temen ibu juga di telepon, dan benar memang di kantor polisi dan minta uang, bedanya disuruh dateng, bukan transfer. Belum lagi ada saudara jauh juga yang benar-benar berurusan dengan polisi tapi dengan modus serupa (beberapa tahun lalu juga, udah lamaa banget!). Belum lagi yang nambah percaya adalah di awal sebelum nanya-nanya, si Bapak sebut Polres Bandung, yang kebetulan tempat adik saya saat ini.

Teman-teman, Para Orang Tua, Hati-hati yah banyak banget modus penipuan sekarang, termasuk penipuan dengan modus anak di kantor polisi Oh ya, ini nomor yang dipakai pelaku (dapet dari ibu)

085296650732 (yang nelepon)

nomor lain (atasan dan staff) :
085262777924
085296684660
085270905445
082333436168
085370631672

Ada yang tau gimana cara ngelaporin nomor bermasalah seperti ini?? Mohon Info nya ya teman-teman..

Supaya dengan saya berbagi, teman-teman yang membacanya lebih bisa waspada dan gak ketipu..

WASPADALAH!! (bang napi mode : ON)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar