Senin, 13 April 2015

Tes Laboratorium Saat Hamil

Memasuki usia 7 bulan kehamilan, segala keluhan datang dari mulai pegal-pegal sampai bengkak-bengkak. Kumplit deh! tapi nikmatin aja... :)

Karena dalam beberapa bulan ke depan Insya Allah saya akan menjalani persalinan, dokter memberikan rujukan untuk melakukan serangkaian tes yaitu: tes darah, tes urin, dan tes glukosa oral (TTGO).

Untuk tes darah seperti pada umumnya yang diamati adalah jumlah eritrosit, leukosit, Hemoglobin, dst. Untuk tes urin juga yang diamati adalah warna, pH, jamur/bakteri, dst. Alhamdulillah udah pernah lah tes lab di ambil darah/urine pas mau daftar kuliah atau kerja dulu jadi gak kaget lagi.

Nah test yang pertama kali buat saya itu TTGO alias Tes Toleransi Gula Oral. Jadi kita minimal 10-12 jam sebelum tes disuruh puasa makan/minum (air putih boleh) selanjutnya dari darah di tes tingkat gula nya. 

Waktu itu saya tes hari Sabtu pagi jam 8an, setelah malamnya puasa (makan terakhir jam 8), setelah ambil darah dan urin dikirain udah  dong yaa boleh makan, ternyata tidak kawan!!! Disodorin air larutan gula (yang kemudain gue tau itu glukosa 75mg) rasanya amit-amit manisnya dan bikin eneg. Trus puasa lagi 2 jam. 

2 Jam itu puasa terlamaa yang aneh menurut saya!!! perasaan eneg mual gimana gitu, nunggu di RS sambil nonton tv karena males aja bolak balik pulang. Nahan muntah (karena pas searching TTGO di gugel bilang kalo muntah harus ngulang lagi!!!) 

Selama puasa 2 jam itu dd di perut geraknya heboh, entah karena protes emaknya belum makan apa pun dari semalam atau karena kenapa gatau. 

1 jam pertama lulus deh, sambil nonton barbie mariposa dan ngerasain dd gerak di depan ruang bersalin, ngamatin keluarga dari ibu yang mau bersalin sambil ngingetin bawaan dia apa aja ke RS.

Eh setelah 1.5 jam setelah batuk batuk (plus merem nahan mual) keluarlah itu larutan gula tanpa aling-aling di ruang tunggu. Suami yang lagi ngeliatin karena saya dipanggil gak nyaut (gimana mau nyaut kalo nahan mual?) langsung heboh nyuruh pulang aja. Bersih-bersih bentar di kamar mandi terus laporan ke Lab "Mbak, saya muntah!" kata mbaknya, yaudah bu, diulang lagi yaa besok.. OMG...!! *lemes*

Pas udah sampe di rumah, makan dan istirahat mah gak mual sama sekali!

Besoknya Tes minum gula itu dilanjutkan, Suami bilang, pulang aja deh put, biar bisa tidur di rumah jadi gak eneg. Bener, setelah minum gula eneg lagi, tapi dibawa tidur tau-tau 2 jam aja, jadi tes gula gak diulang lagiiiiiiii..yihaaa!!!

Ok, inilah hasil tes Gula saya:
Sebelum puasa : 96 (normal untuk ibu hamil <100)
Setelah puasa : 156 (normal untuk ibu hamil <140, untuk yang gak hamil <200)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar