Sabtu, 04 Oktober 2014

Pencarian Gedung (Venue) Pernikahan Sekitar Jakarta dan Bekasi #Part 2

Teman2,, terutama para Capeng.. saya mau lanjutin sharing pencarian venue gedung pernikahan saya ya.. Bagi yang belum baca Part 1, silahkan di baca di sini: Pencarian Gedung (Venue) Pernikahan Sekitar Jakarta dan Bekasi #Part 1

OK lanjuuuut yaa... review berikutnya
  • Balai Komando Cijantung - Jakarta
    (Waktu survey : Sebelum puasa 2014)
Sebenernya sih gak niat survey kesini, kebetulan waktu itu lagi searching catering di internet, ketemu kontak Daffa catering, pas nelpon langsung disuruh dateng TF, mereka lagi perform di Balai Komando. Yasudah kita pagi itu meluncur langsung kesana. (Review Daffa menyusul yaa di curhatan berikutnya).

Tempat ini sering dipakai sodara sepupu dari bapaknya Ibu untuk resepsi, jadi sebenernya sudah sering dateng ke balai Komando ini. Kelebihannya: parkir luas, aman (yailah tempatnya para tentara gituh), gedung luas, bagus, rapih, lengkap lah pokoknya. Kalau harga? Gatau si,, katanya sekitar 10 lebih..

Kekurangannya kalo menurut aku si satu: susah nyari angkutan umumnya. Ada mobil kecil gitu yang dari Graha Cijantung, Taxi juga jarang lewat.

Jadi maapin ya teman kita gak punya info cukup untuk venue satu ini. Silahkan diliat penampakannya ya...

Gedung Resepsi Jakarta
Balai Komando (diambil dari sisi panggung kiri)

Gedung Resepsi Jakarta
Balai Komando (gambar diambil sejajar panggung)

Gedung Resepsi Jakarta
Balai Komando (langit2nya bagus yah...)
Oh ya.. ada beberapa info yang bisa saya share teman:
  1. Waktu 2014, catering rekanan di Balai Komando ini masih bebas. Tapi sekarang (2015), catering yang diperbolehkan di Balai Komando ini hanya beberapa saja, gak semua catering boleh perform disini. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung ditanyakan ke staf gedungnya yaa..
  2. Kabarnya, bagi yang angkatan bisa dapet diskon disini.. please CMIIW.
Gak sempet foto musola yang di belakang yang bisa dipakai buat akad nikah,,, sekali lagi maaaaaaaaaap.

  • Gedung Puspa Pesona, Taman Anggrek Indonesia Permai TMII (TAIP) - Jakarta
    (Waktu Survey : Sebelum puasa 2014)
TAIP ini letaknya setelah Taman Mini Square - TAMINI, dan sebelum Padepokan Pencak Silat. Ibu seneng banget sama venue ini, katanya berasa pesta kebun. Semi outdoor gitu. Kita tiga kali kesini, pertama pas TF bareng Virra Catering dan kedua pas TF bareng casablanca, satu lagi setelah merit pas nikahan sepupu.

Kalau waktu nya malam, disini berasa romantis gimanaaa gitu..hehehhe. Penerima tamu di selasar luar, kemudian sisa selasarnya digunakan untuk bangku tamu, buffet, pondokan. Sedangkan gedung dalamnya di set untuk pelaminan, buffet dan beberapa pondokan. 

Kalau untuk parkiran disini mencukupi, akses transport juga banyak ada angkot dan taksi , dekat sama Tol. Yang perlu diperhitungkan disini : akad nikah pagi kemungkinan bisa di depan pelaminan, tapi kalau sore, akad nikah dilaksanakan di gedung belakangnya. Plafondnya dan panggungnya gak terlalu tinggi dan gedung tempat pelaminannya agak terbatas, jadi kalau mau undang 1000 lebih patut dipertimbangkan lagi. Anyway, disini tetap recommended kalau undangan gak terlampau banyak dan suka konsep semi outdoor :)

Taman Anggrek Taman Mini
Gedung Puspa Pesona TAIP - Ibu lagi sibuk jepret sana sini.
http://baltyra.com/2013/10/28/taman-anggrek-indonesia-permai/
Mohon maaf gambar kedua diambil dari  web: http://baltyra.com/2013/10/28/taman-anggrek-indonesia-permai/ karena lupa dokumentasiin selasar depannya pas di TAIP kemarin.. si ibu sibuk motoin kembang2.. :p

Tambahan, ada beberapa catering yang bilang kalo di TAIP ini butuh tambahan sewa tenda untuk sisi gedung yang buat buffet, waktu itu sekitar 1.5 juta,  tapi ada beberapa catering juga nawarin itu free alias bonus dari catering. Jadi bisaan kita aja kali nego.


  • Gedung Padepokan Pencak Silat TMII
Kita kesini paling akhir, waktu itu sekitar sebelum puasa 2014, mepet banget dah. Gedung ini berada setelah Taman Anggrek Indonesia Permai dan sebelum Masjid At-Tiin, sebelah persis sama pom bensin di deket situ. Pintu utamanya gak pernah dibuka, jadi pasti masuk keluarnya dari pintu yang sebelah pom bensin.

Disini konsepnya indoor, kapasitas Padepokan Pencak Silat TMII ini sekitar 1000 - 1200 orang. Ibu si lebih sreg disini, lebih luas (berhubung yang diundang sedikit, tapi pasti anak cucu ikut..hoho). Ruang riasnya ada dua, tapi kecil kecil sih ya.. kamar mandi deket ruang rias ada, tapi gak pernah kesitu. Dapur luas dibagian belakang.

Untuk penampakan gedung sih oke, podium oke, untuk selasar masuk bisa ditambah tenda (yang pasti nambah biaya ke gedung) kalaupun gak nambah tenda juga ga masalah, udah cukup oke kok. Disana juga ada penginapannya, jadi bisa untuk akomodasi sodara atau calon pengantin yang rumahnya jauh (cumaaaa... mesen nya harus jauh-jauh hari yaa, penuh terus)

Kekurangannya:

  1. Harga sewa nya waktu itu 10 juta + ppn. Sistem pembayaran bisa di tanyakan ke resepsionis nya.
  2. Tanggal Weekend hampir laris manis. Waktu kita kesana semua full sampai akhir tahun, bahkan tahun 2015 (nangis darah gak sih??). Tanggal available di tahun itu cuma 2 waktu, 1 karena cancel beberapa jam sebelum aku dateng, 1 lagi waiting list (dikabarkan kalau tidak ada kepastian dari yang booking tanggal). Enaknya, bisa booking tanggal atau waiting list disana tanpa biaya, cuma ninggalin nomor telepon yang bisa dihubungi aja. Jika dalam waktu seminggu gak ada kabar, baru dilepas deh bookingnya. Cuss waktu itu langsung booking dulu jaga-jaga.
  3. Kadang suka banyak bocah berkeliaran, maklum, namanya juga padepokan pencak silat, tiap hari ada aja yang latihan, jauh si tempat latihannya, tapi satu dua orang keliatan :p
Padepokan Pencak Silat TMII
GSG Padepokan Pencak Silat TMII
Dekor betawi
GSG PPSI TMII (Tampak Dalam)

Maap ya teman, gambar-gambarnya diambil pas acara saya, udah diubek-ubek nyari pas waktu survey ga ada, kayaknya belum di back up udah ke delete :(


Sekarang lagi diinget-inget lagi venue mana aja yang sudah di survey tapi belum diceritain, kalau inget mungkin ada Part 3 nya, kalau gak inget yaa doain aja yah mudah-mudahan inget :p.

Good Day All!


1 komentar:

  1. Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?
    HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat:
    - Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Tim WO 6 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    BONUS: Exclusive Honeymoon 3D2N ke Bali dan FREE logam mulia 20 gr dan masih banyak bonus menarik lainnya juga lho!
    Untuk lebih lanjut hubungi INES 085887972972 sebagai Wedding Consultant kamu :)

    BalasHapus